Kontes & Bursa Sunrise of Java 2023 - LAN Banyuwangi : Ajang Otokontes Dibarengi Lomba Bleyer, Wadahi Pegiat Otomotif Berkreasi & Berkembang Maju

Sekaligus merayakan Hari Jadi Kabupaten Banyuwangi ke-252, segenap elemen masyarakat yang tergabung dalam wadah Lembaga Anti Narkotika (LAN) Banyuwangi bersama automotive enthusiast di Banyuwangi menggelar acara istimewa bertajuk "Kontes & Bursa - Sunrise of Java 2023", di Hedon Cafe & Resto Banyuwangi, pada 10 Desember 2023 ini.

 

Sebagai salah satu lembaga masyarakat di Banyuwangi yang berperan aktif menggerakan para muda untuk maju melawan narkotika ini menjadikan momen tersebut untuk menyelenggarakan event tahunan yang mampu mewadahi para penggemar otomotif, terkhusus modifikasi motor dalam otocontest dan lomba bleyer.

 

OPENING CEREMONY. Diwakili oleh pengurus LAN bersama squad penyelenggaraOPENING CEREMONY. Diwakili oleh pengurus LAN bersama squad penyelenggara

 

"Kegiatan seperti ini kita gelar sebagai wujud kepedulian akan kreativitas generasi muda, khususnya di dunia otomotif. Dan semoga, para kreator maupun pencinta modifikasi bisa memanfaatkan kegiatan seperti ini untuk unjuk gigi, saling berkompetisi dan bisa berkembang lebih maju," buka Mas Alif, selaku ketua harian LAN yang membuka acara.

 

Mewakili ketua umum LAN Banyuwangi Hijrotul Hady, Mas Alif juga berpesan untuk para peserta maupun para member LAN agar selalu bersinergi dalam hal yang positif guna memajukan aspek kehidupan, terutama yang berhubungan dengan dunia otomotif.

 

DISPLAY MOTOR Dipajang keren di area Hedon Cafe BanyuwangiDISPLAY MOTOR Dipajang keren di area Hedon Cafe Banyuwangi

 

Acara inti sekaligus konten utama dalam event Kontes & Bursa Sunrise of Java 2023 ini adalah kontes modifikasi motor dan lomba blayer mesin yang diikuti peserta dari beberapa daerah dari Jatim maupun Bali. Tim juri blayer yakni Bader dari Solo sedangkan Ototrend Automotive Media dipilih selaku tim pengadil dikontes modifikasi.

 

Dalam lomba blayer terdapat 2 kelas yang dibuka yakni FFA dan Imitasi, yang mana terdapat perbedaan signifikan yang diatur dalam regulasi. Ala rombongan Tawon, kebisingan suara knalpot peserta menjadi indah dengan permainan ritme putaran gass dan tuas kopling.

 

LOMBA BLEYER. Kompetisi adu engine paling gaspolLOMBA BLEYER. Kompetisi adu engine paling gaspol

 

Sedangkan untuk kontes modifikasinya melombakan 10 kelas dengan tambahan best nominee sebanyak 10 tropi. Yang patut diacungi jempol, terdapat berbagai varian gaya modifikasi wujud kreativitas yang patut diapresiasi secara sportif. Baik gaya harian, racing maupun konsep extreme yang masih ramai peminatnya di Bumi Gandrung.

 

"Untuk event modifikasi dan bleyer kali ini, kita buka banyak kategori agar bisa mewadahi pencinta modifikasi dan bleyer untuk tampil, dan tentu saja bisa mewadahi peserta lokal terutama dari Banyuwangi dan sekitarnya," tambah Johan Dicto dari panitia penyelenggara sekaligus koordinator kontes dan lomba blayer.

 

KATEGORI RACING Dari IDS Herex Street Racing hingga RNS kumpul barengKATEGORI RACING. Dari IDS Herex Street Racing hingga RNS kumpul bareng

 

Otokontes 10 kategori ini pun dijubeli banyak peserta dari seputaran eks Karesidenan Besuki, seperti dari Jember, Bondosowo dan terkhusus peserta dari lokal Banyuwangi yang memang harus akan event otokontes. Seperti squad Guzty Garage asal Banyuwangi yang menurunkan lebih dari 10 motor modifikasinya, yang kemudian diganjar The Best Modificator Participant.

 

STUNT RIDERSTUNT RIDER, Menghibur dengan skill dan aksi free style motor.

 

Lebih menarik, event kali keempat ini pun disematkan beberapa performance dan para penghibur, termasuk alah penampilan stund rider alias free style motor yang bikin deg-deg an. Performa terbaik ini disajikan oleh bro Gendon asal Banyuwangi dan bro Admi koko from Malang.

 

Bermodal Yamaha Vixion dan R25 berbagai trik free style memukau penonton. Mulai dari Wheelie, Stopie, Burn Out maupun trik-trik lain yang bikin penonton geleng-geleng kepala. Berbarengan itu terdapat band lokal yang turut serta mendampingi.

 

LAGU ASIK DARI BIDUAN CANTIK. Mampu menghibur penonton dan kontestanLAGU ASIK DARI BIDUAN CANTIK. Mampu menghibur penonton dan kontestan

 

Pamungkasnya, event Kontes dan Bursa Sunrise of Java 2023 ini ditutup dengan hiburan dangdut Thalita Musik berhasil menyedot dan membaurkan baik peserta kontes modif dan blayer untuk berjoget bareng hingga penghujung acara berlatar motor-motor modifikasi yang dipajang rapi di depan stage.

 

PAMUNGKAS EVENT Nyanyi dan joget bareng berlatar motor modifikasi di depan panggungPAMUNGKAS EVENT. Nyanyi dan joget bareng berlatar motor modifikasi di depan panggung

 

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi di event kali ini, terutama para kreator, peserta modifikasi dan bleyer. Next, kita bakal siapkan event lagi yang lebih meriah," janji Johan.

 

naskah/foto : nda/punk

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER