Yamaha Jatim Beri Tips Maksimalkan Kinerja Pengereman Motor.

Rem menjadi piranti vital dalam kendaraan yang bertugas menghentikan laju motor. Baik dalam keadaan mendadak atau tidak, tugas dari rem sendiri wajib optimal. Beberapa tips sederhana diberikan Yamaha Surya Timur Sakti Jatim agar pengereman tetap prima.

 

 Dengan melakukan perawatan yang rutin dan tepat, pengendara bisa memperkecil peluang terjadinya kecelakaan. Jangan sampai karena malas melakukan perawatan, akhirnya menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan yang tentunya merugikan diri kita sendiri dan pengendara lainnya. Kalau dirasa sudah tidak enak, segera bawa ke bengkel resmi terdekat,” ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ). 

 

Tips yang diberi Yamaha Jatim untuk merawat pengereman diantaranya membersihkan dan pemeriksaan ketebalan kampas rem secara rutin. Ketebalan rem bisa diintip dari celah diantara piringan cakram sedang untuk kotoran bisa dibersihkan dengan menyemprot angin diikuti dengan membersihkan bagian rem dengan lap bersih.

 

Berlaku untuk rem apapun wajib ada celah diantara kampas dengan tromol ataupun dengan piringan cakram. Hal ini dimaksudkan ada tidak ada gesekan terus menerus antara kampas rem dan piringan atau dinding tromol yang berimbas putaran roda jadi berat.

 

Selain itu, kita juga dianjurkan rutin melakukan pengecekan pada minyak rem pada tabung reservoir. Pastikan quantity minyak sesuai batas aman yang tertulis di tabung tersebut. Setidaknya ganti minyak rem setiap dua tahun sekali atau ketika jarak tempuh mencapai 24 ribu km. 

 

Konsumen juga dianjurkan untuk menggunakan komponen yang sesuai dengan standarisasi pabrik seperti menggunakan kampas rem dan minyak rem yang ASLI. Selain terjamin kualitasnya, penggunaan komponen yang ASLI dapat mengembalikan performa motor seperti sedia kala. 

 

 

editor/foto : Nanda

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER