Belum Tau Mio Mirza? Ini Dia Biangnya ! Modifikasi Yamaha Mio 2011 by SRJM - Sidoarjo

Lagi viral, berseliweran jokes tentang 'Mio Mirza' di jagad maya akhir-akhir ini. Rupanya, Mio berwarna merah tersebut merujuk ke skutik dari salah satu pemilik akun medsos sebagai bahan unggahan kontennya.

 

Selidik punya selidik, Mio tersebut berbasis Mio 2011 sejatinya milik Alief Bayu asal Sidoarjo yang diberi jubah lawas ala Mio 2006 yang masih pakai karbu. Jadi, sepintas penampilan motor berkode mesin 5TL ini lebih mengarah ke Mio generasi 2006-an.

 

2024 04 mio srjm 4

 

Nah, meskipun acap kali digunakan untuk konten, Mio tersebut dirombak bukan untuk spek racing tetapi sejatinya diseting buat touring. "Mio ini pemiliknya mas Alief Bayu dan dikerjakan oleh Bengkel SRJM Tanggulangin Sidoarjo dengan spesifikasi mesin buat touring," ungkap Adiarta Agung Wicaksana, sang joki wheelie.

 

Berhubung juga dikenal sebagai Mio kencang, spek utama oprekan Mio 2006 ini ditingkatkan kapasitas mesinnya. Dari kapasitas standar 113,7cc diperbesar hingga 210cc, ini berkat penjejalan piston berdiameter 67 mm dan beberapa upgrade jeroan lain. Termasuk noken as mengacu sistem roller dan per klep R2 Japan.

 

2024 04 mio srjm 6

 

Agar dapur pacu lebih galak, untuk suplai bahan bakar merujuk Karbu BRT 32 mm yang dijejali main jet 135 dan pilot jet 35.

 

Kemudian, sektor CVT juga diperbaharui, termasuk penggunaan roller yang lebih ringan, yakni memakai roller BRT 7 gram. Dengan demikian, akselerasi di putaran bawah juga kian oke. Selain itu, pembuangan mesin digandeng dengan knalpot model bobokan, sehingga ikut menambah tenaga.

 

2024 04 mio srjm 5

Selain sektor dapur pacu, Mio ini juga mengalami peningkatan dari sisi undercarriage, dengan kaki-kaki gagah dan nyaman dengan tambahan sok belakang dari KTC. Selain itu, juga dikombo karet IRC Fasti yang lebih ngegrip.

 

"Yang jelas saat konten motor ini bukan untuk spek herek yaa melainkan touring," bisik Iwan sang tuner. Nah, buat yang penasaran atau demen oprekan skutik, bisa cek info lengkapnya di tiktok alifbayuN , IG alifbayunugraha, IG srjm_team dan Tiktok SRJM.

 

2024 04 mio srjm 7

 

SPEK KOREKAN
ENGINE : Bore up, PISTON : 68mm, NOKEN : Custom, PER KLEP : R2 Japan, GAS SPONTAN : Moto1, KARBU : BRT 32mm, MAIN/PILOT JET : 135-35, PENGAPIAN : Standar dimodif, VAN BELT : Pulley standar dimodif, ROLLER : BRT 7 gr, SOK DPN/BLK ; Custom/KTC, BAN DPN : Fasti pro 90/80-14 & Fasti 2 90/80-14, Body : Ganti body ke Mio tahun 2006, BENGKEL/TUNER : Sumber Rejeki Jaya Motor (SRJM) - Desa Kalitengah Tanggulangin-Sidoarjo.

 

 

naskah/foto : cand

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER